Beberapa Jembatan Paling Indah di Dunia

No2lisbon.net – Jembatan berfungsi sebagai penghubung dua bagian jalan yang terputus karena adanya rintangan-rintangan. Misalnya seperti lembah yang dalam, laut, sungai, dan sebagainya.

Seiring berkembangnya dunia pariwisata, jembatan juga beralih fungsi sebagai landmark. Banyak kota berlomba-lomba membangun jembatan yang sangat indah, megah, dan menakjubkan. Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai beberapa jembatan paling indah di dunia :

1. Jembatan Surabaya, Surabaya, Indonesia
Jembatan ini menjadi salah satu landmark terbaru di Surabaya. Daya tarik utamanya adalah air mancur warna-warni saat malam Minggu. Ada pertunjukkan tarian air mancur dengan warna pelangi yang indah setiap pukul 20.00-21.00.

2. Jembatan Vasco da Gama, Lisbon, Portugal
Jembatan Vasco da Gama merupakan jembatan yang melintasi Sungai Tagus sepanjang 17,2 ribu meter. Inilah jembatan terpanjang di Eropa. Jembatan Vasco da Gama dibangun guna memperlancar mobilitas pembukaan World Fair pada 1998.

3. Jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat
Jembatan Golden Gate bisa dibilang sebagai jembatan paling dikenal di dunia. Jembatan ini membentang sepanjang 2.727 meter menghubungkan San Francisco dengan Kabupaten Marin.

Jembatan megah ini dibuka untuk para pejalan kaki mulai pukul 09.00 sampai 18.00. Di balik kemegahannya, jembatan ini kerap digunakan sebagai tempat bunuh diri.

4. Jembatan Banpo, Seoul, Korea Selatan
Banpo merupakan jembatan air mancur terpanjang di dunia. Air mancurnya diprogram untuk menyajikan pertunjukkan yang berbeda antara siang dengan malam.

Air mancur jembatan Banpo dioperasikan setiap hari selama April hingga Oktober. Pertunjukkan diselenggarakan selama empat sampai enam kali sehari selama 20 menit.

5. Jembatan Danyang Kunshan, Jiangsu, Tiongkok
Jembatan terpanjang di dunia ini menghubungkan Shanghai dengan Nanjing sepanjang 164,8 kilometer.

Jembatan ini dibuka resmi pada 2011 dengan mempekerjakan 10 ribu orang. Pembangunannya memakan waktu empat tahun dan menghabiskan biaya sekitar US$ 8,5 miliar.

Baca Juga : Beragam Makanan Unik Khas Portugal

6. Jembatan Millau Viaduct, Tran Valley, Prancis
Jembatan tertinggi di dunia ini mengalahkan ketinggian menara Eiffel setinggi 341 meter. Jembatan Millau membentang di sepanjang lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Prancis. Jembatan sepanjang 2.460 meter ini akan memberikanmu sensasi jalan di atas awan yang mengesankan.

7. Jembatan Akashi-Kaikyō, Selat Akashi, Jepang
Jembatan ini memegang gelar “World’s Longest Suspension Bridge” dengan rentang 1.991 meter. Jembatan tol Akashi-Kaikyo menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota Awaji di Pulau Awaji.

Selain itu, Jembatan Akashi-Kaikyō mempunyai dua buah taman untuk tujuan wisata yang letaknya berseberangan, satu di sisi Maiko dan satu lagi di sisi pulau Awaji.

8. Tower Bridge, London, Inggris
Jembatan ini membentang di atas Sungai Thames mempunyai panjang sekitar 61 meter. Nama Tower Bridge dipilih karena berdekatan dengan London Tower.

Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki.

9. Jembatan Pasupati, Bandung, Indonesia
Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati menghubungkan bagian utara dan timur Bandung. Jembatan kebanggaan Bandung ini mempunyai panjang sekitar 2,8 kilometer.

Jembatan ini secara keseluruhan menggunakan 663 unit segmen yang ditopang oleh 46 tiang. Pada malam hari bagian tengah Jembatan Pasupati diterangi lampu sorot warna-warni.

10. Jembatan Ampera, Palembang, Indonesia
Jembatan Ampera menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan Sungai Musi. Jembatan Ampera terbentang sejauh 1.117 meter.

Jembatan ini dulunya bisa dilewati kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi maksimum 44,5 meter.

Jembatan Indonesia gak kalah kerennya dibandingkan jembatan lainnya di luar negeri. Sudah Jembatan mana saja yang sudah kamu kunjungi?