Restoran Terkenal Dengan Makanan Khas Lisbon

Restoran Terkenal Dengan Makanan Khas Lisbon

No2lisbon.net – Portugis adalah sebuah negara di Eropa Barat daya, Portugis juga berbatasan dengan negara Spanyol bagian Utara dan Spanyol bagian Timur. Nah, Selain Spanyol yang terkenal dengan hasil makanan laut dan perkebunan yang berkualitas tinggi, ternyata Portugis juga lho, garis pantai yang menghadap Samudera Atlantik negara ini dikenal dengan seafood lokalnya yang segar. Jadi, pastinya kalau kamu ke Negara beriklim Mediterania ini bakalan sering dan selalu menemukan makanan seafood seperti kerang-kerang, kustasea sampai ikan-ikan dan juga hasil perkebunan yang berkualitas tinggi seperti sayuran, buah-buahan termasuk zaitun dan anggur.

Ada salah satu yang menarik dari kuliner Portugis ini adalah makanan Nasional Portugal, apakah itu? makanan ini adalah ikan cod yang ditangkap di Atlantik Utara dekat Norwegia ini dikeringkan dan diasinkan sebutannya adalah bacalhau. Dan ada 356 resep lebih untuk membuat bacalhau. Wah… yuk langsung aja bahas tentang Restoran Terkenal Dengan Makanan Khas lisbon ini, pasti kalian udah ga sabar kan?

CERVEJARIA RAMIRO
Restoran ini adalah salah satu restoran seafood yang terkenal di Lisbon, kamu bisa memesan udang harimau yang gedenya bisa sampai seukuran lebar batang bahu orang dewasa yang dimasak dengan butter, dagingnya itu masih padat banget, kenyal, manis, gurih, enak pokoknya.

Lalu ada kerang yang tentunya masih segar dan dimasak menggunakan bawang putih dan butter, ada scarlet prawn (udang merah) yang cukup besar ukurannya dengan tekstur sangat lembut dan juicy bahkan berasa meleleh saat dimulutmu. Lalu ada velvet prawn yang super enak dan juicy banget. Kalau udang sudah biasa menurutmu, nah ini ada seafood yang namanya Goose barnacles ini masih keluargaan dengan udang dan kepiting tapi rasanya seperti kerang..

Nah, kalau kamu suka tiram mentah kamu bisa pesen juga di restoran ini, dijamin tiramnya masih seger! Untuk hidangan lain kamu bisa pesan prego (steak sandwich) dengan rotinya yang lembut, empuk dan irisan steak sapi yang juicy dan empuk bikin kamu puas menikmati makanan di restoran ini.

Tips untuk setiap makan seafood jangan lupa siram dengan perasan air jeruk lemon dulu ya diatas makanan yang akan kamu santap. Ini membantu mengurangi kolesterol yang ada pada seafood. Restoran ini beralamat di Avenida Almirante Reis, 1 H, Mouraria, Lisboa.

FRANGASQUIRA NACIONAL
Salah satu makanan terkenal Portugis lainnya adalah ayam piri-piri. Restoran ini adalah restoran yang terkenal dan terbaik menyediakan ayam piri-piri di Lisbon. Dengan tekstur daging ayam yang lembut dan rasanya agak pedes dan ada rasa gosong-gosong dikit gitu jadi bikin nikmat. Kamu bisa datangin resto ini di R da Imprensa Nacional 117, 1200-214 Lisbon.

CAFE MARTINHO DA ARCADA
Di sini kamu bisa menikmati secangkir kopi di cafe yang sudah berdiri sejak tahun 1782. Udah lama buanget ya ga hanya kopi aja yang bisa kamu nikmati di sana, salah satu kudapan yang bisa kamu makan di cafe ini adalah pastéis de bacalhau (ikan cod goreng) yang enak banget. Kamu bisa temui cafe ini di Praca do Comercio 3, 1100-148 Lisbon.

Baca Juga : Atraksi Yang Harus Dikunjungi Di Lisbon

PASTEIS DE BELEM
Cemilan favoritnya orang Portugis adalah egg tart, sepertinya kalau kue yang satu ini sih ya banyak banget yang suka ya, ga hanya orang-orang Portugis aja. Aku juga suka banget dengan kue ini, legit, lembut, manis dengan pastry yang lembut tapi ya crispy juga, bikin pengen nambah lagi kalau cuma makan sebuah aja.

Kue ini sebenernya ditemuin oleh biarawati Portugis di biara Jeronimos di Belem, dari situ kue ini jadi nyebar ke seluruh dunia deh. Nah, Pasteis de belem inilah pembuat egg tart pertama kali di Portugis pada tahun 1837. Alamatnya Rua de Belem nº 84 a 92, 1300-085 Lisbon.

RESTAURANTE A MERENDINHA DO ARCO
Ini adalah restaurant tradisional Portugis, tempatnya sih kecil, sempit tapi makanan di sini enak. Kamu bisa memesan makanan klasiknya Portugis yaitu ikan cod asin yang disajikan bersama kacang gabanzo. Makanan ini lebih enak dimakan kalau dicampur dengan minyak zaitun yang banyak dan cuka yang sudah disediakan, ini akan menetralkan rasa asin yang ada pada ikan cod. Lalu kamu juga bisa pesan came de porco a alentejana ini adalah daging babi dan kerang. Restoran ini berada di R. dos sapateiros 230, 1100-581 Lisbon.

Rekomendasi Hidangan Tradisional Lisbon

Rekomendasi Hidangan Tradisional Lisbon

No2lisbon.net – Sebuah kejar-kejaran di sekitar Lisbon adalah serangan menawan pada indera, dan tidak ada perjalanan yang lengkap tanpa menjelajahi masakan lokal. Masakan Portugis bervariasi dan kaya, penuh aroma dan rasa dan ada banyak hidangan yang dianggap favorit Lisbon. Mudah ditemukan di hampir setiap restoran yang dikelola secara tradisional, hidangan kuliner ini tidak boleh dilewatkan. Juga, jangan lupa untuk menindaklanjuti salah satu resep ini dengan makanan penutup, seperti sajian manis Lisbon yang terkenal, pastais de nata! Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai beberapa rekomendasi hidangan tradisional Lisbon :

Bacalhau à bras
Bacalhau adalah ikan favorit Portugal, begitu banyak sehingga bisa dimasak setiap hari sepanjang tahun tanpa mengulang resep satu kali. Meskipun jumlah pilihan yang tak ada habisnya, sebagian besar restoran memiliki Bacalhau à bras di menu mereka, yang diparut codfish dengan kentang goreng, bawang dan telur orak. Biasanya, hidangan ini ditutup dengan taburan zaitun hitam dan peterseli cincang. Berjalan melalui Alfama dan akan sulit untuk menemukan restoran yang tidak terdaftar Bacalhau à bras sebagai spesial.

Carne de Porco Alentejana
Dua hal yang disukai Portugis adalah daging babi dan kerang, dan Carne de Porco Alentejana adalah kombinasi yang gurih dari keduanya. Daging babi yang dikukus pertama kali diasinkan dalam saus aromatik anggur putih, paprika, bawang putih, ketumbar, garam dan lada. Kemudian babi digoreng dan kembali ke bumbu di mana itu diperkenalkan ke kerang dan dibiarkan memasak lebih lama. Setelah kerang dimasak dan dibuka, kentang goreng, potong dadu dikenalkan. Beberapa restoran menambahkan sayuran acar ke piring, dan sebagian besar menambahkan ketumbar cincang segar. Resep ini – dari daerah Alentejo – adalah favorit di ibukota.

Polvo à Lagareiro
Seperti cod dan kima, Bubuk adalah makanan pokok nasional lainnya yang dimasak dengan berbagai cara, Polvo à Lagareiro menjadi salah satu resep yang paling disukai. Sebuah hidangan sederhana, Polvo à Lagareiro adalah gurita panggang yang disajikan dengan kentang panggang, ditaburi dengan bawang putih matang dan ditaburi dengan minyak zaitun. Kata ‘lagareiro ‘ sebenarnya berasal dari proses pembuatan minyak zaitun, jadi Polvo à Lagareiro secara harfiah berarti ‘gurita dan minyak zaitun’.

Amêijoas à Bulhão Pato
Makan malam Portugis biasanya adalah urusan kursus 3-4, Amêijoas à Bulhão Pato menjadi pilihan pembuka teratas di seluruh negeri dan terutama di Lisbon. Resep itu bahkan diberi nama setelah penyair Spanyol 19 abad, Bulhão Pato, yang tinggal di sekitar Lisbon dan sangat menyukai kerang ini sehingga dia membanggakannya kepada siapa pun yang mau mendengarkan. Berjalanlah ke setiap restoran tepi pantai atau tempat yang berfokus pada ikan di pedalaman hari ini, dan ada kesempatan yang sangat bagus untuk hidangan ini. Juga cocok untuk saus roti, saus – dibuat dengan jus kerang alami, anggur putih, dan bawang putih – adalah apa yang membuat kerang begitu banyak rasa ekstra.

Frango no Churrasco
Franco no Churrasco adalah cara Portugis mengatakan ‘ayam panggang’ atau ‘ayam barbekyu’. Resep utama untuk banyak restoran di Portugal dan sekitarnya, sering disebut Chicken Piri-Piri. Variasi mungkin berasal dari negara-negara Afrika yang dulunya koloni Portugis, khususnya Mozambik. Frango no Churrasco pada dasarnya adalah ayam yang dimasak di atas panggangan dan dibumbui dengan piri-piri sambal pedas. Biasanya, disajikan dengan kentang goreng, nasi dan salad selada, tomat, dan bawang. Frango no Churrasco biasanya dinikmati bersama bir draft kecil atau segelas anggur putih.

Caracois
Eropa Latin menyukai siput mereka dan orang Portugis tidak berbeda. Tanda seruHá caracóis ‘ atau ‘temos caracóis ‘ (‘Kami punya siput’) muncul di seluruh Lisbon dari Mei hingga akhir September, bertemu dengan antusiasme dari penduduk setempat. Caracóis or caracoletas dimasak dan disajikan dalam kaldu mentega-bawang putih dan disedot keluar dari cangkangnya atau diambil dengan tusuk gigi. Hidangan ini biasanya merupakan bagian dari adegan sosial, dinikmati saat mengobrol dengan teman-teman dan / atau menonton acara olahraga di televisi dan dipuji dengan baik oleh bir dingin.

Sardinhas
Favorit musim panas lainnya adalah sardinhas , terutama selama All Saints Week pada bulan Juni. Selama St Anthony Festival di ibukota, lalu lintas jalan diganti dengan musik dan pesta, dan banyak ikan sarden panggang yang dimakan di atas roti. Lisboetas cinta sarden begitu banyak sehingga souvenir sardine yang diisi kain dapat dibeli di banyak toko-toko suvenir tradisional kota.

Baca Juga : Beragam Makanan Khas Portugal Yang Harus Anda Cicipi

Bifanas
Makanan super murah, cepat, dan lezat untuk didapatkan adalah a bifana atau sandwich babi. Koki yang berbeda memiliki twist khusus mereka sendiri di hidangan ini, seperti merendam roti di babi bumbu atau menambahkan bir ke saus, bukan anggur. Dagingnya dipotong tipis, direndam selama beberapa jam atau bahkan semalam dengan saus bawang putih pedas dan sering disajikan dengan cabe merah.

Cozido à Portuguesa
Jika makanan Portugis adalah tentang rasa, tradisi dan kenyamanan, maka Portugis cozido menawarkan medley dari ketiganya. Juga dikenal sebagai ‘orang kaya rebus’, itu populer di kalangan desa-desa di mana peternakan mungkin memiliki sumber daya keuangan yang terbatas dan keluarga yang dimasak dengan daging dan sayuran apa pun yang ada di tangan mereka. A dasar cozido adalah campuran kentang rebus, wortel, sosis, kubis, sayuran hijau, kacang, dan daging sapi. Kunjungi tempat yang menggunakan pendekatan yang lebih tradisional dan Anda mungkin melihat telinga babi dan kaki babi ditambahkan.

Arroz de Marisco
Orang-orang Portugis telah menanam padi selama berabad-abad dan itu pasti merupakan gandum favorit; hanya naik kereta api melintasi negara dan mil hijau, sawah akan lewat. Seperti kebanyakan orang tahu sekarang, masakan Portugis juga sangat bergantung pada makanan laut, dan Arroz de Marisco adalah kombinasi nasi dan berbagai kerang. Berat dengan saus, biasanya berisi kepiting, udang, kerang dan kerang, dibumbui dengan bumbu khas Portugis seperti bawang putih, piri-piri, dan peterseli. Beberapa orang suka menambahkan Chouriço ke mereka

Caldo Verde
Daftar ini tidak akan lengkap tanpa menambahkan Caldo Verde, Sup favorit Portugal. Secara umum, sup sangat populer di Portugal dan dimakan setiap minggu. Dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Kale Soup, kale jelas merupakan bahan utama dan kaldu ditebal dengan pure kentang. Bawang putih dan potongan chouriço menambah rasa ekstra. Sementara di negara-negara seperti Amerika Serikat, pesta-gebukan menuju restoran cepat saji atau rantai sarapan untuk camilan tengah malam mereka, orang Portugis lebih suka yang kecil tascas restoran yang mengkhususkan diri Caldo Verde serta Pão com Chouriço.

Beragam Makanan Khas Portugal Yang Harus Anda Cicipi

Beragam Makanan Khas Portugal Yang Harus Anda Cicipi

No2lisbon.net – Pada kali ini kita akan membahas mengenai beberapa makanan khas Portugal. Portugal negaranya berbentuk republik. Negara Republik Portugal ialah sebuah negara di Eropa yang terletak pada bagian barat daya Eropa. Negara Portugal ini di bagian utaranya juga di bagian timurnya berbatasan dengan negara Spanyol, lalu ada Samudera Atlantik di bagian baratnya. Selain itu, Portugal juga memiliki serta menguasai wilayah di daerah Azores dan Madeira, serta Kepulauan Selvagens. Portugal juga mengklaim suatu wilayah kecil bernama Olivença yang oleh Spanyol juga diklaim sebagai wilayahnya, sejak Kongres Wina. Portugal ini dalam nama latinnya sebagai namanya yang terdahulu adalah Lusitania.

Ibukota negara Portugal adalah Lisboa atau Lisbon. Mata uang yang berlaku di Portugal adalah Euro. Bahasa resmi di Portugal adalah bahasa portugis. Portugal sebagai negara yang mengirim banyak pelaut, para penjelajahnya, ke berbagai belahan dunia dan lantas menjajah dan menguasai beberapa negara, baik yang dalam waktu singkat atau yang dalam waktu lama, ataupun hanya sekedar singgah pastilah sedikit atau banyak akan mempengaruhi dan meninggalkan jejak resep masakan di berbagai belahan dunia. Masakan Portugal didominasi dengan minyak zaitun, bawang putih dan ikan. Makanan Portugal adalah jenis makanan masakan Mediterania. Beberapa jenis masakan khas Portugal adalah sebagai berikut.

Peixinhos Da Horta
Makanan ini asalnya dari Portugal, dan menjadi cikal bakal masakan terkenal di Jepang, yakni tempura. Peixinhos da horta ini adalah buncis tepung goreng. Masakan buncis yang dicampur adonan tepung lalu di goreng yang awalnya dari masakan kuliner Portugal ini lalu dikembangkan oleh masyarakat Jepang sehingga kemudian tidak hanya buncis saja yang dicampur adonan tepung lalu digoreng, tapi juga ada udang, cumi, dan lain sebagainya yang lalu populer dengan sebutan sebagai tempura di Jepang dan masyarakat internasional lainnya.

Carne De Vinha D’alhos
Masakan Portugal yang bernama carne de vinha inilah yang menjadi cikal bakal masakan India yang bernama vindaloo. Carne de vinha ini adalah irisan daging sapi yang direndam atau dimarinasi dengan bawang dan cuka anggur. Masakan Portugal ini lantas dimodifikasi di India, menjadi vindaloo. Cuka anggur yang sulit didapat di India lantas diganti dengan anggur kurma dan ditambah dengan bumbu lokal seperti lada hitam, kapulaga, kayu manis dan lain sebagainya sesuai selera lokal India.

Pastel De Nata atau Portugal Egg Tart
Kue basah egg tart Portugal ini terbuat dari telur. Kulitnya adalah dari puff pastry, dapat membuat sendiri atau beli instan, yang lalu ditaruh di cetakan kemudian di atasnya ditaruh vla sebagai isiannya setengah penuh lalu dipanggang di oven sampai matang. Adapun bahan vlanya adalah whipping cream, kemudian gula pasir, juga susu cair, dan tepung maizena, serta tidak lupa adalah kuning telur, serta perasan lemon.

Piri-piri Grilled Chicken
Masakan ini populer di Portugal dan mempunyai banyak versi juga. Bahan utamanya adalah ayam, yakni ayam bakar ala Portugis, dengan bumbu lada hitam yang direndam dalam minyak zaitun dan cacahan bawang putih, dan bubuk paprika. Ayam bakar piri-piri ala Portugal ini dihidangkan atau disajikan dengan irisan kentang goreng atau dengan kentang tumbuk dan hiasi dengan irisan lemon.

Bacalhau
Bacalhau adalah ikan cod yang diasinkan. Ada beribu resep tentang bacalhau, karena setiap rumah tangga di Portugal memiliki resep versi khasnya sendiri masing-masing untuk memasak masakan favorit di Portugal, yakni bacalhau ini.

Baca Juga : Tempat Wisata di Eropa Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sardines
Yakni masakan dari ikan sarden sama seperti bacalhau yang berbahan dasar ikan cod, maka masakan sardines yang berdasar ikan sarden ini juga tiap rumah tangga memiliki resep versi andalan sardines favorit masing-masing.

Bolo Rei
Bolo rei adalah roti tart Portugal, berupa adonan kue berwarna putih lembut yang dihiasi aneka toping yakni ada kismis, ditambah buah kering juga aneka kacang oven yang disusun sedemikian rupa mengelilingi atas kue sehingga membentuk seperti mahkota raja, karenanya di Inggris kue tart ini lantas disebut sebagai kue raja atau King Cake.

Caldo Verde atau Sup Portugal
Caldo Verde adalah sup khas Portugal. Sup caldo verde ini terbuat dari kentang, dan sayuran serta irisan chourico. Chourico adalah sosis pedas ala Portugal.

Chourico atau Sosis Portugal
Chourico ini adalah sosis Portugal. Sosis pedas chourico ini terbuat dari cacahan daging sapi berbumbu pedas yang diolah menjadi sosis.

Bolinhos atau Salt Cod Croquettes
Bolinhos adalah Portuguese croquettes, yang disebut sebagai kue kecil atau little cake. Bolinhos atau kroket Portugal ini terbuat dari bahan dasar kentang dengan ikan cod yang sudah diasinkan dengan cacahan atau irisan kotak dadu wortel di dalamnya. Adapun rincian bahan-bahan selengkapnya dari bolinhos ini adalah setengah pound ikan cod yang sudah diasinkan tanpa kulit dan tulang, dicuci bersih, lalu juga satu cangkir susu, kemudian dua helai daun thyme dan satu bay leaf, juga delapan bawang putih yang dikupas lalu dihancurkan, dan satu buah wortel dibersihkan lalu dicacah atau dipotong dadu kecil-kecil, lalu satu pound kentang yang dikupas lantas dipotong dadu sekitar 2 inci, kemudian juga jangan lupa satu sendok makan minyak zaitun yang ekstra virgin oil, lalu tiga sendok the cilantro cacah, dan satu cangkir tepung terigu, dan satu setengah roti tawar remas atau remahan roti tawar dan tiga buah hingga empat buah telur, dan juga minyak sayur untuk menggoreng, juga sediakan jeruk lemon sebagai pelengkap hiasannya nanti setelah matang dan siap dihidangkan.

Sedangkan cara membuatnya adalah campur minyak zaitun, daun thyme dan bay juga bumbu-bumbu lainnya termasuk bawang putih dengan sobekan daging ikan cod asin, kemudian panaskan dan aduk-aduk hingga tercampur merata, kemudian campur juga kentang dengan air secukupnya, masak sebentar, hingga kentang matang dan hancur lalu campur dengan telur dan garam secukupnya serta sedikit gula, lalu campur dengan susu dan tepung terigu, kemudian bentuk bulat-bulat kemudian taruh campuran ikan cod dan wortel sebagai isiannya di tengah bulatan adonan kentang, lalu guling-gulingkan bulatan kentang isi tadi pada remahan roti tawar hingga terbalut semuanya kemudian goreng sampai matang kecoklatan, sebelumnya celup dulu bulatan kentang ke dalam kocokan telur supaya remahan roti tawar dapat menempel kuat, sesudah matang lalu hidangkan.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 10 makanan khas Portugal. Di Indonesia sendiri masakan Portugal ini juga meninggalkan jejak di kampung tugu di kecamatan Koja, Jakarta Utara, suatu kampung tempat asal musik keroncong, yakni ada masakan ketan unti, pisang udang, pindang serani dan juga apem kinca yang sedikit atau banyak dipengaruhi oleh cita rasa dan resep masakan asal Portugal, nenek moyang penduduk kampung Tugu tersebut yang berpadu dengan bahan dan cita rasa lokal nusantara.