Kota Tertua di Eropa Yang Kaya Akan Warisan nan Bersejarah

No2lisbon.net – Setiap daerah di dunia ini memiliki sejarah dan cerita uniknya masing-masing. Dan Eropa menjadi salah satu benua yang bikin penasaran untuk diketahui. Mulai dari destinasi wisata, sejarah, hingga berbagai tradisi negaranya.

Kali ini penulis akan membahas kota tertua yang berdiri di Eropa. Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai beberapa kota tertua di eropa yang kaya akan warisan nan bersejarah :

1. Plovdiv, Bulgaria
Kota Plovdiv terus dihuni sejak abad ke-6 SM. Awal mulanya kota ini bernama Trakia, lalu kota tersebut ditaklukkan oleh Philip II dari Makedonia yang tak lain ayah dari Alexander Agung pada abad ke-4 SM. Sebagai bentuk penghormatan kota tersebut diubah namanya menjadi Philippopolis.

Sekarang, kota ini dikenal dengan nama Plovdiv dan menjadi kota terbesar kedua di Bulgaria. Kaya warisan nan bersejarah, di kota ini kamu bisa mengunjungi Teater Kuno Philippopolis, Stadion Romawi Plovdiv, Kota Tua, Museum Etnografi, dan lain-lain.

2. Argos, Yunani
Kota kedua tertua di Eropa adalah kota Mykenai di daerah Argos. Kota ini telah diruntuhkan oleh Sparta selama masa Perang Peloponnese. Dari berbagai artefak yang ditemukan, diprediksi kota ini telah dihuni sejak 7000 tahun yang lalu.

Kastil Bourtzi yang dibangun pada masa Renaisans menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung di kota bersejarah ini. Gak hanya itu, Argos pun menyisakan Piramida Yunani kuno hingga kebun-kebun anggur modern.

3. Athena, Yunani
Bukan rahasia lagi jika Yunani selalu disebut-sebut sebagai negara tertua di dunia. Ya, salah satu kota yang membuktikan sejarah tersebut adalah Athena. Acropolis di Athena sudah ada sejak abad ke-4 SM. Bahkan dari temuan-temuan kuno lainnya yang berhasil diprediksi, kota Athena telah dihuni sejak abad ke-11 hingga ke-7 SM.

Pada masa sekarang, Acropolis dan Phartenon pun menjadi tujuan destinasi para wisatawan.

4. Chania, Yunani
Salah satu kota yang terletak di sisi barat pulau Kreta ini telah dihuni sejak 1700 hingga 1500 SM dengan nama Kydonia. Diperkirakan kota ini menjadi saksi sejarah Bizantium dan Ottoman. Kini Chania dibagi menjadi beberapa wilayah. Bukti sejarah yang bisa ditemukan di sini meliputi tembok-tembok tua di dekat pelabuhan.

5. Thebes, Yunani
Kota selanjutnya yang sama-sama dari Yunani ini adalah Thebes yang diperkirakan telah dihuni sejak 1600-1250 SM. Warisan masa lalu di sini sangat beragam meliputi zaman Perunggu pada era Bizantium dan Ottoman. Sebagai bukti sejarah kamu bisa mengunjungi museum arkeologi hingga menjelajahi reruntuhan Cadmea (benteng kuno).

Baca Juga : Sejarah Mengenai Kota Lisbon Yang Terkenal Dengan Keramiknya

6. Larnaca, Siprus
Siprus merupakan negara berbentuk pulau di Timur Tengah yang berbatasan dengan Yunani dan Turki. Siprus telah diperebutkan selama berabad-abad hingga berhasil diambil alih oleh Alexander Agung sekitar tahun 300 SM.

Sejak 1400 SM, Citium (sebuah desa di pantai sebelah selatan) menjadi jajahan Yunani. Lalu, di desa tersebut dibangun sebuah kota yang saat ini dinamai Larnaca.

Kini, Larnaca menjadi kawasan bagi pejalan kaki sepanjang pantai Finikoudes yang berbatasan dengan danau garam.

7. Trikala, Yunani
Pada awalnya kota ini bernama Trikke, kota yang dibangun sepanjang Sungai Lithaios sebelum 1300 SM. Meskipun mulai dihuni baru-baru ini, sebuah gua di kota ini menjawab sejarah ditemukannya lelaki yang berasal sejak 49.000 SM.

Saat menyambangi kota ini kamu bisa menjelajahi The Mill of the Elves, Masjid Osman Sah, Matsopoulos Mill, dan lain-lain.

8. Chalcis, Yunani
Kota yang dulunya dikenal dengan nama Negroponte pada abad pertengahan ini telah dihuni sejak 1200 SM. Dihuni oleh Yahudi pasa masa lalu menjadikan kota ini sebagai komunitas Yahudi tertua di Eropa. Sejarah lainnya, Chalcis memberangkatkan kapal selama perang troya pada abad ke-13 hingga ke-12 SM.

Kini, di kota ini pantai Chalcis sangat populer dan jadi tujuan destinasi. Tak hanya itu, kamu pun bisa menjelajahi bukti-bukti sejarah di museum arkeologi.

9. Lisbon, Portugal
Ibu kota Portugal ini telah dihuni sejak 1200 SM. Meski reruntuhan kastil yang diketahui hanya berawal sejak 2000 SM. Namun arkeolog menemukan bukti lain, artefak Fenisia sebagai pemberhentian kapal dagang dengan Semenanjung Iberia lebih tua dari kastil tersebut. Bahkan di kota ini pun ditemukan Kastil São Jorge yang dibangun oleh bangsa Moor sejak abad ke-11.

Kini, Lisbon menjadi tujuan destinasi di Eropa selain Paris dan Barcelona.

10. Cadiz, Spanyol
Pada mulanya kota Cadiz diketahui telah ada sejak era Fenisia sebagai Gadir. Lalu temuan pun menunjukkan bukti lain jika Cadiz telah ada sejak 1.104 SM sebagai pelabuhan kapal. Sepanjang sejarah, Cadiz telah dijadikan pelabuhan bahkan hingga sekarang.

Kini, di sini kamu bisa mengunjungi San Sebastian Castle yang telah ada sejak 1600-an, Cadiz Cathedral yang telah dibangun sejak 1838, Gran Teatro Falla telah ada sejak abad ke-19 dan masih banyak lagi.